Saturday, April 25, 2009

Bagaimana Mempergunakan Waktu Lebih Bermakna


Gunakanlah waktu mu sebaik-baiknya…pergunakanlah waktu senggangmu sebelum datang waktu sibukmu. Kita sering mendengar kata-kata bijak seperti ini, namun masih banyak di antara kita yang tidak bisa mempergunakan waktu sebaik-baiknya bahkan sering waktu berlalu dan hilang begitu saja.

Lebih aneh lagi sering kita dengar orang berkata tentang kehilangan waktu. Waduh ! aku tak ada waktu nih.... Salah satu kata-kata yang sering muncul kepermukaan. Padahal kita sama-sama punya waktu 24 jam dalam sehari semalam, tapi mengapa ya ? kebanyakan dari kita tak bisa mempergunakannya ? Lalu apa yang harus kita lakukan ?


1. Berpikirlah Waktu adalah uang

Kita tak ingin kehilang uangkan ?. sebuah contoh karena terlambat dalam sebuah wawancara seseorang kehilangan pekerjaan yang sangat berpotensial dalam hidupnya bahkan pekerjaan tersebut akan dapat merubah hidupnya di masa depan. Seseoarang yang terlambat memberikan projectnya yang sudah jatuh tempo sehingga perusahaannya di denda yang mengakibatkan dia di PHK dari pekerjaannya. Hal lain seseorang yang sering terlambat masuk kerja dan sering menunda-nunda dalam memberikan laporannya yang akhirnya dia tidak jadi di promosikan. Seandainya saja mereka bisa mengelola waktunya dengan sebaik-baiknya maka mereka tidak akan kehilangan kesempatan yang besar seperti itu.

2. Berpikirlah Waktu tidak akan pernah kembali

Sebagai ilustrasi. Misalnya seseorang nasabah Bank datang kepada anda, kemudian orang ini mengatakan bahwa anda adalah salah satu penabung yang terbaik di bank kami, oleh karena itu anda layak dapat hadiah dari kami. Kami akan memberikan satu mobil CRV terbaru kepada anda dengan catatan anda harus mengambilnya dalam waktu 1x24 jam kalau tidak hadiah ini akan hangus. Nah..! apa yang harus anda lakukan anda akan mengambil hadiah itu atau membiarkannya hangus ? kesempatan datang hanya sekali dan itu tidak akan pernah kembali. Begitu juga dengan waktu. Waktu yang telah kita buang percuma tidak akan pernah kembali.

3. Berpikirlah Waktu laksana pedang yang tajam.

Ibarat dalam sebuah peperangan bila seorang prajurit mempunyai pedang yang tajam mereka harus berhati-hati menjaga pedang tersebut dan mempergunakannya karena kalau tidak pedang tersebut nanti yang bisa melukai bahkan membunuh mereka. Begitu juga dengan waktu. Kalau kita tidak bisa menfaatkannya, maka waktu lah yang akan menggilas kita.

Dengan ini kita akan memanfaatkan waktu kita dengan sebaik-baiknya.

Mari kita beri makna waktu kita dengan cara :
1. Fokus pada kekuatan yang sudah kita miliki
2. Buat daftar apa yang kita inginkan
3. Ingat tujuan yang sudah kita putus kan
4. Menyisihkan waktu untuk selalu menambah ilmu dan terus belajar
5. Lihat kedepan yang lebih baik
6. Terus mencoba…mencoba….mencoba

Apa yang sudah kita lakukan hari ini ?

Anda setuju ?

Komentar :

ada 1
SUGIANA said...
pada hari 

Betul mas, waktu memang harus dapat kita kelola seoptimal mungkin, waktu akan memberikan manfaat yang sangat besar andai kita bisa mengelolanya dengan baik. Saya setuju, bahwa orang yang menyia-nyiakan waktu, suatu saat nanti akan menyesal karena tidak apa-apa yang bisa dilakukannya sementara waktu sudah hampir "habis".
Salam kenal n sukse selalu.

Post a Comment